Sebab, waktu tempuh dengan kereta api relatif lebih cepat dibandingkan kendaraan bermotor dan Anda bisa duduk sambil menikmati pemandangan yang indah selama perjalanan.
Sekarang, membeli tiket kereta api tidak perlu datang langsung ke stasiun dan mengantre di loket, Anda bisa memesan secara online melalui ponsel dari rumah.
Operator kereta di Indonesia, yaitu Kereta Api Indonesia (KAI), mempunyai dua kanal resmi pembelian tiket secara online, yaitu melalui situs resmi dan aplikasi Access by KAI.
Berikut dua cara membeli tiket kereta melalui kanal resmi KAI.
Cara membeli tiket kereta api melalui website resmi KAI
1. Kunjungi website resmi KAI di alamat https://booking.kai.id/
2. Masukan nama stasiun asal keberangkatan dan stasiun tujuan
3. Pilih tanggal keberangkatan serta jumlah penumpang dewasa dan bayi di bawah usia 3 tahun, yang tidak bisa melebihi penumpang dewasa
4. Klik “Cari & Pesan Tiket”
5. Pilih kereta yang diinginkan sesuai dengan jenis kereta dan kelasnya
6. Lihat ketersediaan tiket kereta, kemudian klik “Pesan”
7. Selanjutnya, Anda diminta untuk mengisi data pemesanan, terdiri dari nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor ponsel, email aktif, dan alamat rumah
8. Selanjutnya setujui dan patuhi persyaratan dan ketentuan berlaku
9. Tulis verifikasi captcha sesuai petunjuk, kemudian klik “Pesan”
10. Pilih posisi kursi tempat duduk Anda, dan klik “Lanjut ke Pembayaran”
11. Pemesanan selesai, Anda akan mendapatkan kode pesanan atau kode booking
Cara membeli tiket kereta api melalui aplikasi Acces by KAI
1. Unduh atau instal aplikasi Acces by KAI di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS
2. Buka aplikasi Acces by KAI dan daftar jika belum memiliki akun layanan tersebut.
3. Setelah akun terdaftar dan Anda sudah login, pilih jenis layanan kereta yang akan Anda tumpangi, misalnya “Antar Kota”
4. Kemudian, isi kolom stasiun awal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, serta jumlah penumpang
5. Tekan “Cari Tiket”, lalu muncul nama kereta, jenis kelas, jadwal keberangkatan dan harga tiket
6. Pilih kereta yang diinginkan
7. Kemudian Anda diminta upgrade member (meningkatkan keanggotaan) untuk bisa melakukan proses transaksi pembayaran dan berbagai jenis pelayanan lain nya.
8. Isi data diri berupa data pemesanan dan data penumpang
9. Tekan “Lanjutkan” untuk memilih kursi tempat duduk
10. Periksa kembali data pemesanan dan data penumpang
11. Jika data-data sudah sesuai, tekan “Lanjutkan” untuk memilih berbagai layanan tambahan seperti asuransi dan makanan di dalam kereta RailFood.
12. Kemudian, tekan “Lanjutkan” untuk melakukan metode pembayaran
12. Selesaikan pembayaran, lalu Anda akan mendapatkan kode booking atau kode pemesanan.
13. Pastikan tiket sudah terpesan dengan mengecek kembali pesanan pada menu “Tiket Saya”
Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024